Hal yang perlu diketahui dalam membuat CD Interaktif

Hal yang perlu diketahui dalam membuat CD Media Pembelajaran Interaktif - CD Media Pembelajaran Interaktif yaitu CD yang membawakan sebuah materi pembelajaran yang dikemas dalam sajian multimedia (intinya seperti itu).


Nah, di dalam pembuatannya yang akan saya bahas kali ini menggunakan program Adobe Flash (dulunya Macromedia Flash). Kita di sini dipaksa bermain imajinasi yang perlu adanya logika, kreatifitas baru yang terakhir penguasaan materi. 

Akan saya jelaskan beberapa aspek utama dalam pembuatan CD Media Pembelajaran Interaktif (CD MPI) diantaranya yaitu :
  1. Scene
  2. Frame
  3. Tween (motion, shape, dll)
  4. Movie Clip
  5. Button
Di sini yang perlu kita ketahui terlebih dahulu yaitu "kita bermain Scene atau Frame!!". baru kita mulai pemahaman dari Tween serta Movie Clip.

Kita perjelas dulu tentang 5 aspek diatas,
  • Scene : bisa kita ibaratkan sebuah halaman/lapangan dimana di halaman tersebut terdapat beberapa Gedung (Movie Clip).
  • Frame : Frame di sini kita ibaratkan sebuah letak untuk ditempati Gedung (Movie Clip).
  • Movie Clip : kenapa movie clip di sini kita ibaratkan Gedung?. karena di dalam sebuah gedung bisa kita tempati beberapa barang lagi seperti Tween (barang).
  • Tween : kita sebut saja Barang/pelengkap.
  • Button : anggap saja barang pelengkap sama halnya dengan Tween. bedanya di sini Button kita ibaratkan sebagai Pintu dari Gedung tersebut.
Semoga perumpamaan diatas dapat dipahami dan diargumentasikan ke dalam pemahaman pribadi masing - masing. Karena itu tadi hanya sekedar perumpamaan dasar.

Kita bermain Scene atau Frame!!
Baik akan saya bahas juga tentang pertanyaan diatas.
Bermain Scene!
Kita sudah mengibaratkan Scene tadi sebuah Halaman/Lapangan, jadi apabila kita bermain Scene sama saja dengan kita bermain dengan Halaman/Lapangan. Sehingga kita bermain Luas.
Maksud Luas tersebut juga mempunyai arti bahwa kita bisa memberi banyak gedung dan di dalam gedungpun tentunya banyak tween, button, frame, dll.
Jadi dapat disimpulkan kita lebih bebas berimajinasi, dan lebih mudah berkarya.
Bermain Frame!
Kita tadi mengibaratkan Frame yaitu sebuah letak untuk ditempati Gedung (Movie Clip). Jadi disini kita mengolah tata letak dari satu Halaman (Scene) untuk ditempati gedung dengan sesempurnah mungkin. Di dalam gedung juga kita akan dipaksa lebih mendetail dalam penataan barang-barangnya.
Yang perlu saya katakan di sini yaitu, "Kalau bisa bermain keduanya, kenapa tidak?".. Sehingga kita akan lebih mendapat pengalaman, pengetahuan, eksperimen yang membanggakan dan masih banyak lagi. Jadi saya rekomendasikan untuk pilih dan mencoba keduanya.

oke, semangat!!
Semoga bermanfaat.
Salam Flash.

0 Response to "Hal yang perlu diketahui dalam membuat CD Interaktif"

Post a Comment